Tuesday, January 8, 2013

Peluang Usaha Kerupuk Udang

Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai makanan   berupa kerupuk, salah satunya kerupuk udang. Selain memiliki rasa yang enak, harganya pun  cukup terjangkau dan murah. Usaha kerupuk udang bisa dilakukan baik itu industri besar, usaha  kecil menengah bahkan usaha kecil atau usaha rumahan sebab proses membuatnya sangat  mudah.


Jenis kerupuk bisa di bedakan menjadi 2, yaitu kerupuk dengan bahan baku tepung saja (tapioka  atau tepung lain) dengan kerupuk dengan bahan baku tepung tapioka dengan campuran udang  atau ikan. Untuk usaha kerupuk dengan bahan tepung saja misalnya kerupuk Kasandra dengan  bahan baku yang digunakan adalah tepung tapioka, kerupuk Puli yang di buat dari tepung terigu  dengan tepung taipoka maupun kerupuk inpala yang di buat dari tepung gaplek dengan tepung  tapioka. Selain kerupuk di atas yang di buat dari tepung baik di campur udang maupun tidak, ada  juga usaha kerupuk kulit di mana kerupuk di buat dari kulit kerbau.
Umumnya setiap pengusaha tidak hanya menjual satu jenis kerupuk, mereka akan membuat  beberapa jenis kerupuk sekaligus di sebabkan cara membuat kerupuk dan peralatan membuat  kerupuk umumnya sama. Mesin yang umumnya di tambahkan adalah mesin pencetak  disesuaikan dengan bentuk kerupuk. Pengusaha akan membagi jenis kerupuk apa yang hendak  di buat, walau begitu usaha kerupuk udang bisa di bilang lebih mempunyai peluang usaha. Hal  ini di karenakan selain semua menyukainya, kerupuk udang sudah menjadi hidangan pelengkap  saat makan ataupun saat ada acara khusus seperti pesta, tidak ada kerupuk lain yang seperti ini.
Usaha pembuatan kerupuk udang umumnya terdiri atas usaha perorangan dan usaha kelompok.  Usaha perorangan banyak tersebar di seluruh wilayah di luar sentra industri, sedangkan usaha  kelompok banyak terdapat di wilayah wilayah sentra industri. Jumlah produksi usaha perorangan  relatif lebih rendah dengan wilayah pemasaran fokus ke dalam negeri. Sedangkan, usaha  kelompok memiliki skala usaha yang lebih besar sebab merupakan gabungan dari beberapa usaha  perorangan dengan jumlah produksi lebih banyak serta wilayah pemasaran lebih luas sampai ke  luar negeri terutama wilayah Asia, Amerika serta Timur tengah


No comments:

Post a Comment