Peluang Usaha Kerupuk Udang
Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa
sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai makanan berupa kerupuk,
salah satunya kerupuk udang. Selain memiliki rasa yang enak, harganya
pun cukup terjangkau dan murah. Usaha kerupuk udang bisa dilakukan baik
itu industri besar, usaha kecil menengah bahkan usaha kecil atau usaha rumahan sebab proses membuatnya sangat mudah.
Jenis kerupuk bisa di bedakan menjadi 2,
yaitu kerupuk dengan bahan baku tepung saja (tapioka atau tepung lain)
dengan kerupuk dengan bahan baku tepung tapioka dengan campuran udang
atau ikan. Untuk usaha kerupuk dengan bahan tepung saja misalnya kerupuk
Kasandra dengan bahan baku yang digunakan adalah tepung tapioka,
kerupuk Puli yang di buat dari tepung terigu dengan tepung taipoka
maupun kerupuk inpala yang di buat dari tepung gaplek dengan tepung
tapioka. Selain kerupuk di atas yang di buat dari tepung baik di campur
udang maupun tidak, ada juga usaha kerupuk kulit di mana kerupuk di
buat dari kulit kerbau.
Umumnya setiap pengusaha
tidak hanya menjual satu jenis kerupuk, mereka akan membuat beberapa
jenis kerupuk sekaligus di sebabkan cara membuat kerupuk dan peralatan
membuat kerupuk umumnya sama. Mesin yang umumnya di tambahkan adalah
mesin pencetak disesuaikan dengan bentuk kerupuk. Pengusaha akan membagi jenis kerupuk apa yang hendak di buat, walau begitu usaha kerupuk udang bisa di bilang lebih mempunyai peluang usaha.
Hal ini di karenakan selain semua menyukainya, kerupuk udang sudah
menjadi hidangan pelengkap saat makan ataupun saat ada acara khusus
seperti pesta, tidak ada kerupuk lain yang seperti ini.
Usaha pembuatan kerupuk udang
umumnya terdiri atas usaha perorangan dan usaha kelompok. Usaha
perorangan banyak tersebar di seluruh wilayah di luar sentra industri,
sedangkan usaha kelompok banyak terdapat di wilayah wilayah sentra
industri. Jumlah produksi usaha perorangan relatif lebih rendah dengan
wilayah pemasaran fokus ke dalam negeri. Sedangkan, usaha kelompok
memiliki skala usaha yang lebih besar sebab merupakan gabungan dari
beberapa usaha perorangan dengan jumlah produksi lebih banyak serta
wilayah pemasaran lebih luas sampai ke luar negeri terutama wilayah
Asia, Amerika serta Timur tengah
No comments:
Post a Comment